Minggu, 21 Oktober 2007

sekotak kue dari rumah,..

Ada kesedihan menjelang 2 lebaran yang kulalui tahun ini. terasa sepi, karena aku sendiri, dan tak ada tempat berbagi. hanya beberapa orang asing yang terpaut darah denganku. aku menunggu kapan lebaran berlalu. tak seperti dulu,..dulu aku berharap lebaran tak pernah berlalu...aku rindu dengan semua tradisi lebaran dirumahku, tradisi masa lalu, yang selalu membahagiakan masa sekarang kami. banyak hal yang kami lakukan dan nikmati bersama. membuat kue, sembari saling melemparkan tepung hingga berkubang. namun itu nikmat,..aku seperti mencium aroma kue hasil panggangan ibu lagi, dan bayangan nikmat segera mengisi imajinasiku. aku mengangkat gagang telpon, menelpon rumah, berharap ibuku yang mengangkat. ibuku menjawab,..aku mengembang senyum lega. "bu tolong kirimi aku sekotak kue" begitulah kira2 inti percakapanku dengan ibu.
kotak kue itu sampai ketika lebaran. dibawakan oleh saudaraku. aku sangat bersuka cita karenanya, dan tak membiarkan orang lain menyentuh harta karunku, hanya milikku.
aku menikmati setiap gigitannya dengan penuh khidmat, menyelipkan setiap kenangan tentang rumah yang berkelabat dibenakku,..ada rasa rumah, dilebaranku kali ini,..walau aku masih tetap sendiri, dan jauh.

Tidak ada komentar: